Manfaat Ubi Untuk Diet

Saya termasuk salah satu penggemar ubi, entah itu direbus atau digoreng. Namun, sekarang sudah susah yah mencari penjual ubi rebus, yang sering ditemui adalah ubi goreng.

Mungkin karena saya orang Indonesia saya suka banget sama ubi, terutama ubi rebus. Tapi saya lupa kapan terakhir makan ubi. Nah, karena lagi ngejalanin program diet sekarang, makanya saya mengalihkan karbohidrat dari yang biasanya berbentuk nasi menjadi keluarga umbi-umbian.

Saya sudah hampir seminggu ini mengganti nasi menjadi bentuk makanan lain seperti ubi rebus. Kenapa direbus? karena saya juga mengurangi kadar minyak yang masuk ke tubuh saya. Lagi coba bener-bener mau makan yang cuma rebusan sama kukusan aja nih (semoga berhasil!).

Ternyata setelah saya cari-cari info googling sana-sini, saya mendapatkan banyak informasi yang bermanfaat kalau ternyata keluarga umbi-umbian ini memiliki unsur nilai karbohidrat yang tinggi. So, buat yang mau diet dan menghindari nasi ataupun roti, bisa menjadikan keluarga umbi-umbian ini sebagai pilihannya. Konon katanya ubi merah dan ubi ungu mempunyai kadar antioksidan dan vitamin yang cukup besar.

Berikut perhitungan nya per 100gr:

  • Singkong: mengandung 160 kkal/ 38 g karbohidrat / 2 g  gula / 2 g serat / 20,6 mg Vit.C
  • Ubi: mengandung 118 kkal / 28 g  karbohidrat / 0 g gula / 4 g  serat / 17,1 mg Vit.C
  • Sukun: mengandung 103 kkal / 27 g karbohidrat / 11 g  gula / 5 g serat / 29 mg Vit.C

Sumber: Emilia E. Achmadi M.Sc., R.D. (Clinical Dietitian / Nutritionist Komunitas Sehati)  dari website Femina

Jadi jangan takut, karbohidrat tetap dapet dan serat juga ada. So, diet nya jadi lebih mudah dan murah kan? Yuk, Semangat! Semoga info nya bermanfaat yah :))

 

Leave a comment